Berita

Simulasi
Investasi

Investasi Reksa Dana Online Makin Aman Dengan 5 Tips Ini.

Investasi Reksa Dana Online Makin Aman Dengan 5 Tips Ini.

Era digital,dimana semuanya serba dimudahkan, salah satunya ; kemudahan melakukan investasi Reksa Dana secara online, kapan saja dan dimana saja.

Jika Anda merupakan calon investor yang ingin menggunakan layanan investasi Reksa Dana Online, atau mungkin Anda Anda adalah investor yang sudah menggunakan fasilitas online untuk bertransaksi Reksa Dana, lima tips dibawah dapat menjadi referensi agar Anda dapat berinvestasi Reksa Dana Online dengan lebih aman.

1. Selalu lindungi data akun dan pribadi Anda.

Informasi akun dan data pribadi Anda adalah hal yang seharusnya disimpan dengan baik.

Mungkin tidak sedikit dari Anda yang memberikan informasi tanggal lahir secara lengkap di sosial media, hal tersebut sebenarnya boleh saja, tapi sebaiknya jangan diberikan secara lengkap, tanggal dan bulan lahir Anda sepertinya sudah cukup bukan?

5-tips -investasi -reksadana -online -makin -aman -account

Baca juga:

Informasi data diri yang Anda publikasikan secara online dapat digunakan para pelaku kejahatan digital untuk masuk ke Rekening Reksa Dana Anda, jadi usahakan simpan data akun dan pribadi Anda sebaik-baiknya.

Anda wajib untuk waspada terhadap penawaran melalui email atau pesan berantai yang sepertinya datang dari perusahaan tertentu yang memberikan penawaran, hadiah atau iming-iming lain yang ‘too good to be true’. Biasanya penawaran ini akan meminta Anda untuk mengklik link yang ada di email atau pesan tersebut, dan selanjutnya meminta data terkait rekening Anda atau bahkan mungkin data pribadi Anda.

Apabila ada email atau pesan seperti diatas yang mengatasnamakan perusahaan tempat Anda berinvestasi jangan ragu untuk segera menghapus email atau pesan tersebut, Anda juga dapat menghubungi layanan nasabah perusahaan yang bersangkutan untuk melakukan konfirmasi. Anda juga perlu tahu bahwa pegawai perusahaan tempat Anda berinvestasi tidak akan pernah meminta informasi password, PIN, atau Token transaksi Anda.

Ingat, ada banyak cara para pelaku pishing merayu anda agar terperangkap dalam jebakan mereka, bahkan rayuannya bisa jadi yang paling gombal sedunia.

Jangan lupa untuk selalu mengecek transaksi Reksa Dana Online Anda secara berkala, apabila ada sesuatu hal yang dirasa tidak sesuai segera hubungi layanan nasabah tempat Anda berinvestasi.

2. Perhatikan situs tempat Anda bertransaksi.

Perhatikan dan cek kredibilitas situs tempat Anda akan memulai investasi Reksa Dana secara online. Situs yang aman untuk Anda melakukan transaksi online adalah situs yang memiliki tanda gembok dan memiliki awalan ‘HTTPS://’ di alamat situsnya. Contohnya seperti gambar dibawah ini ;

5-tips -investasi -reksadana -online -makin -aman -situs

Jika situs tempat Anda akan berinvestasi Reksa Dana Online tidak memiliki ciri diatas, jangan melakukan transaksi.

3. Tempat dan jaringan Akses.

Bagi Anda yang lebih banyak beraktivitas diluar ruangan sebaiknya hindari penggunaan komputer publik, karena sekarang banyak sekali program yang ditanam didalam komputer yang dapat merekam aktivitas digital Anda. Apabila terpaksa menggunakan fasilitas publik untuk bertransaksi secara online, jangan lupa untuk selalu logout dari akun Anda serta membersihkan history, atau clear cookies/cache browser di komputer tersebut.

Menggunakan jaringan internet publik atau ‘public wi-fi’ untuk keperluan transaksi secara online juga tidak disarankan. Lagi-lagi, jika memang terpaksa, gunakan ‘public wi-fi’ dari perusahaan dengan reputasi yang baik. Satu lagi, jika Anda melakukan transaksi di ruang publik, misalnya di coffee shop, pastikan layar handphone/laptop Anda tidak mudah dilihat oleh orang lain.

5-tips -investasi -reksadana -online -makin -aman -akses -publik

Tempat terbaik untuk melakukan aktifitas transaksi online adalah di rumah Anda sendiri, menggunakan jaringan internet dan komputer milik anda sendiri.

4. Kata sandi (password).

Gunakan kata sandi yang tidak mudah ditebak dan mudah diingat, sebaiknya password yang digunakan merupakan kombinasi angka, huruf besar, huruf kecil, dan simbol. Dan secara berkala, setidaknya setiap tiga bulan sekali, ganti password akun Anda.

5-tips -investasi -reksadana -online -makin -aman -password

Jangan pernah memberikan username atau password akun Anda kepada pihak lain. Sebisa mungkin jangan gunakan password yang sama untuk setiap akun transaksi online Anda. Serta pastikan setiap transaksi penjualan Reksa Dana Anda membutuhkan password/OTP/PIN/Token.

Tidak direkomendasikan untuk memberikan ijin kepada komputer untuk menyimpan username dan password ketika Anda mengakses situs transaksi online.

5. Tips lainnya.

Gunakan browser internet, program anti-virus, dan firewall yang terbaru. Lakukan scan pada komputer anda secara berkala, dan pastikan firewall dalam kondisi aktif ketika melakukan transaksi secara online.

Apabila ada hal yang tampak mencurigakan terjadi di perangkat digital Anda, segera non-aktifkan jaringan internet dan matikan perangkat.

Semoga tips diatas dapat membantu Anda melakukan transaksi Reksa Dana secara online dengan lebih Aman. Untuk informasi mengenai layanan Reksa Dana Online Dari Danareksa Investment Management silahkan hubungi layanan contact center melalui link ini.

31 Maret 2017
Simulasi
Investasi
DISCLAIMER COPYRIGHT 2012 Danareksa All Rights RESERVED | DISCLAIMER