Berita

Simulasi
Investasi

DANAREKSA ANGGREK: ALTERNATIF REKSA DANA CAMPURAN UNTUK DIVERSIFIKASI RISIKO INVESTASI TAHUN 2014

DANAREKSA ANGGREK: ALTERNATIF REKSA DANA CAMPURAN UNTUK DIVERSIFIKASI RISIKO INVESTASI TAHUN 2014

Reksa Dana Campuran (balanced funds) adalah reksa dana yang dapat berinvestasi pada efek saham maupun efek hutang (obligasi), dengan perbandingan alokasi asetnya tidak termasuk di dalam kebijakan investasi reksa dana saham maupun reksa dana pendapatan tetap. Dengan demikian, Reksa Dana Campuran memiliki fleksibilitas untuk dapat berorientasi ke efek saham atau ke efek hutang (obligasi).

Secara teoritis, fluktuasi Reksa Dana Campuran tidak sebesar reksa dana saham namun dapat lebih besar dari reksa dana pendapatan tetap. Dengan demikian, potensi return Reksa Dana Campuran berada di tengah-tengah reksa dana saham dan reksa dana pendapatan tetap. Ketika return dari reksa dana saham melejit, maka return Reksa Dana Campuran tidak setinggi reksa dana saham. Juga sebaliknya, ketika return dari reksa dana saham turun, maka return dari Reksa Dana Campuran tidak akan jatuh sedalam reksa dana saham.

Mengapa demikian? Karena adanya porsi efek hutang dalam portofolio Reksa Dana Campuran yang berfungsi sebagai “peredam” atas fluktuasi aset sahamnya. Hal ini terbukti di sepanjang tahun 2008 ketika Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun -50,64%, namun produk  Danareksa Anggrek (salah satu produk Reksa Dana Campuran andalan Danareksa Investment Management – DIM) tidak mengalami penurunan sedrastis IHSG sebagaimana grafik dibawah:

IHSG vs Danareksa Anggrek (Des 2007 – Des 2008)

Bloomberg Anggrek

Sumber: Bloomberg

Mengapa Reksa Dana Campuran Rekomendasi Untuk Tahun 2014?

Tahun 2014 ini merupakan tahun Pemilu dimana partai-partai yang terkait akan meningkatkan belanja mereka selama ajang ini yang tentu saja berarti sangat berpotensi untuk mendorong kenaikan IHSG sebagai imbas positifnya. Di pasar obligasi, BI mentargetkan rata-rata inflasi yang lebih stabil di level 4,5 - 5,5% tahun ini, yang berarti dapat menjadi potensi bagi kenaikan harga pasar obligasi. Ditambah recovery bagi negara-negara maju dengan likuiditas yang dimiliki, mereka akan bergerak masuk ke emerging markets, termasuk Indonesia.

Jadi, Mengapa Danareksa Anggrek?

Sebagai Reksa Dana Campuran, Danareksa Anggrek memberikan beberapa manfaat:

  1. Kenyamanan Dan Penghematan Waktu.

Memang benar, bahwa seorang investor yang berinvestasi pada reksa dana saham dan reksa dana pendapatan tetap, maka portofolio tersebut secara keseluruhan menjadi portofolio campuran. Namun akan repot bagi investor tersebut untuk mengawasi dan melakukan rebalancing portofolionya seorang diri. Bagi investor yang ingin memiliki portofolio yang dapat melakukan rebalancing secara otomatis, baik ketika pasar modal bullish maupun bearish, Danareksa Anggrek menjadi solusi produk yang efektif.

  1. Diversifikasi Risiko.

“Jangan menaruh semua telur dalam satu keranjang” merupakan nasehat dalam berinvestasi. Lakukanlah investasi pada asset class yang berbeda-beda guna menyebar risiko (diversifikasi). Dengan berinvestasi pada Danareksa Anggrek, maka investor tersebut secara otomatis sudah melakukan diversifikasi portofolionya tanpa harus berinvestasi pada dua aset (saham dan obligasi) secara terpisah.

  1. Kemudahan Bertransisi.

Sebagai Reksa Dana Campuran, Danareksa Anggrek juga dapat direkomendasikan kepada:

-       Investor pemula yang ingin memiliki eksposur di saham, namun belum berani masuk ke reksa dana saham 100% dengan cepat.

-       Investor yang sudah profit-taking di reksa dana saham dan ingin bertransisi kembali ke pasar saham secara perlahan-lahan.

Di saat pasar melihat ada potensi kenaikan baik pada pasar maupun pasar obligasi seperti 2014 ini, maka investor disarankan untuk masuk pada kedua market tersebut. Kenaikan pada salah satu market tersebut akan memberikan potensi gain kepada portofolio investor, dan hanya Reksa Dana Campuran yang dapat memberikan opportunity pada dua pasar sekaligus. Pengelolaan Danareksa Anggrek untuk memasuki pasar secara prudent serta selective buying pada efek yang diinvestasikan diharapkan dapat memberikan hasil yang optimal.

Melihat manfaat daripada Danareksa Anggrek diatas sebagai Reksa Dana Campuran, maka dapat direkomendasikan kepada investor untuk berinvestasi melalui Danareksa Anggrek di dalam portofolionya.

24 Februari 2014
Simulasi
Investasi
DISCLAIMER COPYRIGHT 2012 Danareksa All Rights RESERVED|
PT Danareksa Investment Management terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia | DISCLAIMER