Berita

Simulasi
Investasi

Sudah cukupkah dana pensiun Anda?

Sudah cukupkah dana pensiun Anda?

Mewujudkan mimpi masa pensiun yang berkualitas tentunya juga memerlukan strategi yang matang.  Seberapa siapkah kita dalam mempersiapkan dana untuk masa pensiun?

Berdasarkan hasil survei pada kalangan eksekutif (pekerja kantoran) dengan pendapatan per bulan diatas 15 juta/bulan, mayoritas responden sudah merasa cukup dengan persiapan rencana pensiunnya, 70% responden menyatakan siap, sedangkan yang lain menyatakan bagaimana nanti.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah benar persiapan pensiun mereka sudah cukup?

Menurut perhitungan kami, dana pensiun yang didapat dari program yang dijalani oleh responden akan habis hanya dalam waktu 9 tahun setelah usia pensiun. Di situlah biasanya sebagian besar dari kita terpaksa harus bekerja lagi. Dari survei yang kami lakukan, 75% responden akan kembali bekerja setelah masa pensiun karena kekurangan dana untuk menjalani masa pensiunnya.

Untuk menjawab pertanyaan diatas kita juga dapat melakukan perhitungan melalui simulasi/kalkulator finansial guna melihat apakah iuran untuk program pensiun yang tengah dijalani saat ini nantinya akan dapat memberikan hasil yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga:

Berapa dana pensiun yang ideal?

Target ideal pendapatan bulanan kita saat pensiun adalah sebesar 70% dari income bulanan pada saat masih bekerja. Lebih besar dari angka tersebut tentunya semakin baik. Kenyataannya, masyarakat hanya bisa mengumpulkan rata-rata sebesar 35%.

Kapan sebaiknya mempersiapkan dana untuk masa pensiun?

Semakin dini semakin baik, dan tentunya dengan kondisi keuangan yang sehat (cek kondisi keuangan Anda disini). Ketika seseorang pertama kali bekerja dan menerima income, dia seharusnya sudah berpikir ke depan dan merencanakan pensiun. Karena semakin dini persiapan pensiun dilakukan, cicilan investasi yang dibayarkan akan menjadi lebih ringan. Untuk simulasinya dapat dilihat di tabel dibawah ini :

reksadana_danareksa_article_sudah cukupkah dana pensiun anda

Dari tabel diatas dapat terlihat bahwa semakin muda usia pada saat mulai berinvestasi, jumlah investasi bulanan semakin kecil. Anda juga dapat melakukan simulasi kebutuhan investasi bulanan untuk persiapan dana masa pensiun disini.

Berapa dana yang sebaiknya disisihkan untuk persiapan pensiun?

Mulailah untuk menyisihkan bukan menyisakan. Sekitar 20% dari income sebaiknya dialokasikan untuk dana kesejahteraan hari tua. Lebih besar lebih baik.

Strategi yang dapat dilakukan agar dana pensiun optimal?

Kebanyakan investor memilih produk investasi yang memiliki risiko rendah seperti instrumen pasar uang dan pendapatan tetap. Hal tersebut adalah lumrah, hanya untuk jangka waktu investasi yang panjang (misalnya lebih dari 10 tahun) apalagi jika anda terhitung muda dan masih aktif bekerja, memiliki instrumen investasi seperti Reksa Dana Saham atau Reksa Dana Campuran didalam portofolio investasi Anda tentunya dapat memberikan hasil yang lebih optimal.

Beberapa catatan dalam memilih instrumen investasi.

  • Kenali dan pelajari produk investasi.
  • Jangan berinvestasi pada instrumen yang tidak anda pahami.
  • Instrumen investasi yang dapat anda miliki sangat tergantung pada selera dan kondisi finansial anda.
  • Pastikan perusahaan investasi memiliki izin dan terdaftar di lembaga yang berwenang. 
  • Jika anda tidak punya waktu untuk mempelajari dan memonitor investasi anda, percayakan pada Manajer Investasi yang anda percayai.
  • Disiplin! Selalu disiplin untuk menyisihkan sebagian dana anda investasi.

Pada masa pensiun kebanyakan orang ingin tetap mempertahankan gaya hidupnya seperti sebelum masa pensiun. Hal yang mungkin dapat terjadi justru sebaliknya, oleh karena itu lakukan perencanaan masa pensiun yang terbaik, dan jadikan masa pensiun Anda sebagai momen yang terbaik dalam kehidupan Anda.

Mulailah berinvestasi untuk masa pensiun Anda sedini mungkin. Semakin cepat investasi dimulai, semakin murah biaya yang dikeluarkan. Mari mulai MENYISIHKAN BUKAN MENYISAKAN.

Investasi Ya Reksa Dana… Reksa Dana Ya Danareksa.

Perhatian:
• Publikasi ini bukan merupakan suatu bentuk tawaran untuk menjual atau membeli efek atau derivatifnya yang termuat dalam publikasi ini. Isi dari publikasi ini bukan merupakan nasehat investasi kepada pihak manapun. Rekomendasi yang termuat dalam publikasi ini belum tentu sesuai untuk setiap calon investor. Meskipun seluruh  informasi yang termuat dalam publikasi ini diperoleh dari sumber yang kami percaya, namun kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapannya. Pendapat dan rekomendasi yang termuat dalam publikasi ini berlaku terbatas pada tanggal pembuatan dan setiap saat dapat berubah dan diubah oleh PT Danareksa Investment Management (“DIM”) tanpa pemberitahuan sebelumya. DIM tidak berkewajiban memperbaharui atau menambahi informasi yang termuat dalam publikasi ini. Publikasi ini ditujukan sebagai informasi dan tidak bertujuan untuk membentuk suatu dasar keputusan investasi. Investor harus menetapkan sendiri setiap keputusan sesuai dengan kebutuhan dan strategi investasi dengan mempertimbangkan masalah hukum, pajak dan akuntasi. DIM maupun setiap karyawan dan afiliasinya tidak bertanggung jawab terhadap setiap keputusan investasi yang diambil oleh investor.
• Hak milik atas bentuk dan isi presentasi ini sepenuhnya dilindungi oleh peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia khususnya tentang hak cipta bagi kemanfaatan DIM. Tidak diperkenankan seorangpun melakukan fotokopi, menyalin, mereproduksi baik secara manual maupun elektronik atau dengan cara apapun sebagian atau seluruhnya yang dapat berakibat dokumen ini digandakan dan digunakan baik untuk tujuan ekonomis atau tujuan lainnya tanpa ada persetujuan terlebih dahulu dari DIM. Investasi melalui Reksa Dana mengandung risiko. Calon Pemodal wajib membaca dan memahami Prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui Reksa Dana.  Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Reksa Dana adalah produk pasar  modal dan BUKAN merupakan produk perbankan; BUKAN  merupakan bagian dari simpanan pihak ketiga yang terikat pada jangka waktu tertentu serta TIDAK termasuk objek dalam program penjaminan pemerintah.
23 Februari 2016
Simulasi
Investasi
DISCLAIMER COPYRIGHT 2012 Danareksa All Rights RESERVED | DISCLAIMER