Berita

Simulasi
Investasi

The Best Defense Is A Good Offense

The Best Defense Is A Good Offense

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tampak sudah rebound kembali dari sejak keterpurukannya di akhir April 2015. Per 19 Mei 2015, IHSG ditutup di level 5.269, atau sudah pulih 3,60% sepanjang bulan Mei 2015 ini.

Para investor sudah mulai lega dan kembali ke pasar. Sesungguhnya, belajar dari koreksi pasar kemarin ini, para investor bisa lebih jeli belajar produk investasi mana saja yang pulih lebih cepat.

Ketika pasar koreksi, pertanyaan dari investor selalu adalah: “produk investasi mana yang terimbas?”. Jawabnya adalah: semua. Ketika pasar koreksi, maka semua produk investasi pasti terimbas. Pertanyaan yang lebih tepat diajukan adalah: “produk investasi mana yang berpotensi pulih lebih cepat?”

Dari penelitian produk yang ada di pasar, sepertinya produk Reksa Dana saham yang berpotensi pulih lebih cepat. Dan dari universe Reksa Dana saham ini sendiri, sepertinya Reksa Dana saham dengan fokus sektor konsumer yang berpotensi recovery tercepat.

Pernyataan di atas sepertinya memang benar – setelah melihat bukti-bukti yang ada. Dari sisi makro sendiri, sektor konsumer merupakan sektor penyumbang pertumbuhan ekonomi terbesar negara RI dari tahun ke tahun. Per kuartal I tahun 2015, sektor konsumsi masih penggerak ekonomi terbesar dan sektor konsumsi rumah tangga (didukung jumlah populasi dan middle-class yang besar) menjadi kontributor utamanya:

the best defense 1

Di pasar modal sendiri, bagaimana kontribusi sektor konsumer? Dapat dikatakan bahwa sektor konsumer hampir selalu menjadi kontributor return terbesar dari IHSG berdasarkan data-data historis dibawah.

the best defense 2

Salah satu sifat alami dari sektor konsumer adalah sektor tersebut relatif cukup bertahan ketika ekonomi lesu. Mengapa demikian? Jawabnya, karena konsumsi merupakan kebutuhan dasar dari manusia. Ketika ekonomi sedang sulit, otomatis daya beli memang menurun. Konsumer akan mengurangi belanja shopping barang-barang tersier, namun mereka tetap harus membeli barang-barang kebutuhan dasar: makanan, minuman, sabun, dan lainnya.

Dengan kata lain, demand barang-barang konsumsi dasar akan tetap selalu ada. Otomatis emiten yang berbisnis di sektor barang konsumsi relatif lebih bertahan (defensive) dibanding emiten di sektor non-konsumsi.

Di sisi lain, ketika ekonomi sedang naik, otomatis daya beli lebih tinggi dan belanja barang pun juga meningkat. Tidak mengherankan sektor konsumsi pun ikut melejit.

Danareksa Investment Management (DIM) telah lama menyadari kekuatan sektor konsumer ini. Untuk menangkap peluang tersebut, pada bulan Februari 2011, DIM meluncurkan produk Reksa Dana saham bernama Danareksa Mawar Konsumer 10 dengan fokus investasi utama pada sektor konsumer serta sektor-sektor terkait lainnya.

Sesuai karakter alami dari sektor konsumer, produk Danareksa Mawar Konsumer 10 memang secara umum memberikan kinerja lebih agresif dibandingkan IHSG:

the best defense 3

Sifat ini yang akhirnya menciptakan Danareksa Mawar Konsumer 10 sebagai produk yang mampu bertahan (lebih defensive) ketika ekonomi/pasar modal sedang khawatir.

Hal ini terbukti dari pergerakan kinerja Danareksa Mawar Konsumer 10 vs. IHSG di periode 7 April – 30 April 2015. 7 April adalah tanggal IHSG mencapai rekor tertinggi di level 5.523 sebelum akhirnya turun tajam ke 5.086 di tanggal 30 April 2015, dimana penurunan Danareksa Mawar Konsumer 10 masih lebih “defensive” dibanding IHSG:

the best defense 3.1

Memasuki awal Mei 2015 ini ketika IHSG rebound, Danareksa Mawar Konsumer 10 juga turut rebound, bahkan rebound lebih “kencang” sehingga memberikan kinerja lebih baik (lebih offensive) sebagaimana data hingga 19 Mei 2015:

the best defense 3.2

Grafik perbandingan Danareksa Mawar Konsumer 10 vs IHSG dapat memberikan gambaran yang lebih clear:

the best defense 4

Dari karakter dan kinerja Danareksa Mawar Konsumer 10, tidak mengherankan produk ini dianugerahkan 4-bintang oleh badan pemeringkat Reksa Dana internasional Morningstar (per 30 April 2015):

the best defense 5

Badan riset dan penyedia informasi Reksa Dana nasional Infovesta juga tidak ketinggalan memberikan Danareksa Mawar Konsumer 10 penghargaan 4-bintang (per 30 April 2015):

the best defense 6

Singkat kata, Danareksa Mawar Konsumer 10 ini dapat direkomendasi menjadi pilihan alternatif investasi terbaik di dalam portofolio mengingat karakteristik defensive ketika pasar lesu sekaligus sifat offensive ketika pasar rebound.

Meminjam nasihat dari salah satu pelatih bola-basket nasional NBA: untuk memenangkan pertandingan, sebuah tim harus bersifat menyerang (offensive). Serangan yang terus-menerus akan membuat lawan tidak sempat melakukan serangan balik, sehingga situasi ini otomatis menciptakan pertahanan (defense) yang kuat pula. Dengan kata lain, the best defense is a good offense.

Ya, memang karakter inilah yang dimiliki oleh Danareksa Mawar Konsumer 10.

REKSA DANA… YA DANAREKSA

DISCLAIMER :
INVESTASI MELALUI REKSA DANA MENGANDUNG RISIKO. CALON PEMODAL WAJIB MEMBACA DAN MEMAHAMI PROSPEKTUS SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK BERINVESTASI MELALUI REKSA DANA. KINERJA MASA LALU TIDAK MENCERMINKAN MASA DATANG.

20 Mei 2015
Simulasi
Investasi
DISCLAIMER COPYRIGHT 2012 Danareksa All Rights RESERVED|
PT Danareksa Investment Management terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia | DISCLAIMER