Berita

Simulasi
Investasi

THR vs Barang Baru.

THR vs Barang Baru.

Lebaran sebentar lagi, hari yang dinanti-nanti akan tiba oleh Umat Muslim didunia, hari Raya Idul Fitri 1437 H akan datang dalam hitungan jari.

Pastinya uang THR (Tunjangan Hari Raya) telah Kita terima. Rasa  “ Gatal Mata dan Hawa Nafsu “ untuk membeli barang serba baru sangat menggoda iman, apalagi kalau di toko atau mall ada tulisan diskon “Up To 70%”. WOW, hampir tidak mungkin kita tidak masuk toko atau mall tersebut walaupun hanya sekedar lihat -lihat. Tetapi jika kita sampai memborong alhasil uang THR sekedar ‘parkir ‘ sesaat di tabungan kita.

Baca juga:

Selain itu, kita lupa untuk menghitung dana yang dikeluarkan selama bulan Ramadan. Kita cuma memikirkan tentang liburan bersama keluarga saat Lebaran. Pengendalian pengeluaran dan pemasukan pada saat Ramadan juga penting, harus balance.

Padahal, THR ini bisa memperbaiki keuangan Anda di tahun berikutnya.

Bagaimana cara agar uang THR tidak langsung “Bablas”. Beberapa strategi jitu, bisa diikuti.

1. Tanpa Kartu ATM.

Saat kita menerima THR agar dapat disimpan, langsung sebagian pindahkan ke rekening bank dimana kita tidak membuat kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Hal ini perlu agar tidak tergoda menarik uang dari mesin ATM, atau  debit kartu ATM untuk berbelanja di tempat-tempat diskon.

2. Berani Lunasi Hutang.

Perlu keberanian yang serius ketika kita bisa memanfaatkan sebagian uang THR untuk melunasi utang, apalagi hutang konsumtif. Mungkin perasaan kita akan merasa THR sekedar lewat begitu saja tanpa memiliki barang-barang baru . Tetapi sebetulnya manfaat yang dirasakan ketikan lebaran telah usai bahwa hutang Kita berangsur-angsur hilang dan kehidupan menjadi lebih normal tanpa hutang.

3. Infaq dan Sadaqah.

Jangan lupa begitu kita mendapat Uang THR, ada kewajiban kita untuk berbagi kepada sesama manusia dan umat. Walapun hanya menyisihkan sedikit akan tetapi niat untuk mendapatkan pahala bisa terwujud.

4. Prioritaskan keperluan.

Kita perlu membuat  daftar barang atau keperluan yang harus diprioritaskan. Sisihkan untuk memberi kepada orang tua ataupun keluarga, lalu bisa digunakan juga untuk membayar THR pembantu rumah tangga. Sebagian uang THR untuk membeli makanan dan kue. Sebaiknya jangan membeli pakaian baru terlalu banyak. Toh orang juga tidak akan hafal dengan baju Kita yang digunakan. Selain orang yang berada dirumah. Alokasi dana untuk pakaian bisa ke tempat lain yang lebih bermanfaat.

5. Mulai investasi.

Uang THR digunakan untuk investasi. Jika ingin aman, sebaiknya berkonsultasilah dengan ahlinya. Salah satu investasi yang aman adalah menggunakan THR untuk membeli ReksaDana atau bisa gunakan untuk membayar premi asuransi kesehatan, pendidikan anak-anak, atau program jaminan hari tua.

6. Biaya mudik.

Kalau Anda rindu keluarga di kampung halaman, sebaiknya menyusun rencana jauh-jauh hari. Buatlah perkiraan kenaikan harga tiket yang biasanya melonjak. Kurangi belanja yang tidak perlu. Fokuskan pada biaya yang akan dikeluarkan untuk perjalanan mudik, selama di kampung jangan terlalu berfoya-foya, dan perjalanan pulang jangan terlau membawa oleh-oleh yang banyak karena hampir semua orang juga akan mudik ataupun liburan.

Demikian tips –tips yang ideal dalam menggunakan atau memanfaatkan uang THR yang hanya diterima setahun sekali. Semoga Lebaran tahun ini bermanfaat, membawa perubahan untuk Kita menjadi Manusia yang lebih baik serta dapat melipat gandakan pahala Kita...Amin YRA.

 

Penulis : R.G Andriyanto, CFP. QWP. AEPP. (Direct Sales Unit Head - DIM).

24 Juni 2016
Simulasi
Investasi
DISCLAIMER COPYRIGHT 2012 Danareksa All Rights RESERVED|
PT Danareksa Investment Management terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia | DISCLAIMER