Berita

Simulasi
Investasi

Ulasan Pasar 18 Mei 2015

Ulasan Pasar 18 Mei 2015

Amerika Serikat: Data perekonomian AS yang dirilis pada minggu lalu cenderung mixed. Angka klaim pengangguran menurun dan tercatat sebesar 264.000, lebih baik dibandingkan konsensus yang memprediksi 273.000. Data produksi industri tercatat turun -0.3%mom di bulan April, setelah pada bulan sebelumnya juga mengalami penurunan  -0.6%mom

Zona Eropa: Dari wilayah Eropa, GDP mengalami peningkatan dan tercatat sebesar 0.4%qoq/1%yoy, inline dengan konsensusnya.  Sementara itu, dari wilayah Asia, Foreign Direct Investment negara China tercatat meningkat menjadi 10.5%yoy di bulan April, jauh di atas konsensus 2%. Data penjualan retail China tercatat sebesar 10%, di bawah konsensus 10.4%.

market watch 18 mei 2015

Indonesia: Dari dalam negeri, data neraca perdagangan tercatat surplus sebesar USD 454juta, lebih tinggi dibandingkan konsensusnya sebesar USD 77juta. Data ekspor tercatat menurun sebesar -8.46% sedangkan data impor mengalami penurunan sebesar -22.31%. Sementara itu, data current account Indonesia 1Q15 tercatat defisit sebesar USD -3.8 milyar, menurun dari USD -5.7milyar di kuartal sebelumnya.

Market View: Pasar saham rebound setelah dalam minggu-minggu sebelumnya tertekan. Laporan Current Account (CA) dan Balance Of Payment (BOP) yang tidak mengecewakan menahan laju penjualan investor. Pasar juga masih menunggu rencana pelonggaran loan to value untuk sejumlah sektor seperti properti dan otomotif. Imbal hasil SUN bergerak berfluktuasi dan sempat menyentuh level 8.3% meski di akhir minggu di level 7.9%. Nilai tukar Rupiah, bergerak di level 12,900-13,200.

Setelah bergerak turun kami melihat data makro dan data pendukungnya  sebelum mengambil keputusan investasi lebih lanjut. Terlihat penjualan kendaraan masih turun sampai dengan bulan April.

Tekanan untuk menurunkan suku bunga ataupun stimulus moneter semakin besar dengan tekanan pertumbuhan GDP yang kurang baik. Belanja modal pemerintah juga terlihat masih lemah namun diperkirakan membaik untuk beberapa kuartal berikutnya.

Kami memperkirakan pasar saham masih akan berkonsolidasi sambil melihat perkembangan lebih lanjut dari data ekonomi. Kami melihat investor akan bergerak sesuai dengan perkembangan data.

Data yang baik ataupun berita yang positif dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan investor. Pasar saat ini sedang menghitung kembali pertumbuhan laba untuk tahun ini. IHSG diperdagangkan 16.5x P/E ratio untuk tahun 2015, sejalan dengan valuasi pasar ASEAN rata-rata di level 16.3x.

DISCLAIMER :
INVESTASI MELALUI REKSA DANA MENGANDUNG RISIKO. CALON PEMODAL WAJIB MEMBACA DAN MEMAHAMI PROSPEKTUS SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK BERINVESTASI MELALUI REKSA DANA. KINERJA MASA LALU TIDAK MENCERMINKAN MASA DATANG.

18 Mei 2015
Simulasi
Investasi
DISCLAIMER COPYRIGHT 2012 Danareksa All Rights RESERVED|
PT Danareksa Investment Management terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia | DISCLAIMER