Edukasi

Simulasi
Investasi

Tentang Risiko

RISIKO DALAM REKSA DANA

Dalam investasi lazimnya dikenal konsep high risk - high return dan low risk – low return artinya semakin besar keuntungan yang diharapkan investor, semakin besar pula risiko yang harus di tanggung.

Tidak banyak berbeda dengan jenis investasi lainnya, Reksa Dana sebagai salah satu instrumen investasi di pasar modal juga memiliki risiko. Oleh sebab itu investor Reksa Dana sebaiknya memahami profil risiko diri sendiri dan risiko yang terdapat di Reksa Dana sebelum memulai berinvestasi.


Secara umum profil risiko investor terbagi menjadi 3 yaitu sebagai berikut :

1. Konservatif.
Anda masih mementingkan keutuhan nilai pokok investasi dan sangat rentan terhadap fluktuasi hasil investasi. Jenis Reksa Dana yang sesuai untuk anda adalah Reksa Dana Pasar Uang dan Reksa Dana Terproteksi.

2. Moderat.
Anda memiliki sedikit keberanian untuk mencoba alternatif investasi yang berpotensi memberikan hasil yang lebih tinggi meskipun mengandung risiko dan fluktuasi atas nilai investasinya. Jenis investasi yang sesuai untuk Anda adalah Reksa Dana Pendapatan Tetap sebagai instrumen utama dan mengkombinasikan sebagian kecil dana Anda pada Reksa Dana Campuran dan/atau Reksa Dana Saham.

3. Agresif.
Anda mengutamakan imbal hasil investasi yang tinggi dengan kesiapan menerima fluktuasi investasi Anda. Kesiapan menerima risiko ini didukung oleh pola investasi yang berorientasi jangka panjang yaitu Reksa Dana Campuran dan Reksa Dana Saham.

Calon investor dapat mengetahui profil risiko investasi melalui pertanyaan profil risiko investasi yang terdapat di formulir pembukaan rekening Reksa Dana.


Berikut adalah beberapa risiko yang dapat muncul di Reksa Dana :

- Risiko berkurangnya nilai Unit Penyertaan.
Risiko ini merupakan risiko utama dalam berinvestasi di Reksa Dana. Berkurangnya jumlah Unit Penyertaan Anda pada sebuah Reksa Dana terjadi karena adanya fluktuasi dari harga aset-aset atau efek pada Reksa Dana tersebut.

- Risiko Likuiditas.
Adalah risiko dimana manajer investasi tidak dapat dengan segera melunasi transaksi penjualan kembali unit penyertaan Reksa Dana Anda. Untuk mengurangi risiko itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengatur bahwa manajer investasi harus melunasi seluruh transaksi penjualan kembali paling lambat 7 hari bursa dari transaksi Anda. Oleh karena itu, ingatlah selalu untuk menghitung mundur waktu proses pencairan Anda agar uang Anda dapat cair tepat pada waktunya. Akan tetapi, dalam kondisi luar biasa (force majeure) atau kejadian-kejadian di luar kekuasaan Manajer Investasi, baik yang dapat maupun tidak dapat diperkirakan sebelumnya, proses transaksi penjualan kembali dapat dihentikan untuk sementara.

- Risiko Kredit.
Risiko yang timbul pada efek hutang dan instrumen pasar uang karena penerbit utang-utang tersebut tidak mampu untuk memenuhi kewajibannya dalam membayar utangnya, atau yang disebut dengan wanprestasi. Hal ini tentunya akan mempengaruhi aset Reksa Dana sehingga hasil investasi Anda akan berkurang.

- Risiko berkurangnya nilai tukar mata uang asing.
Nilai kekayaan Reksa Dana yang ditanamkan pada efek ekuitas dan efek hutang serta instrumen pasar uang dalam mata uang asing berkurang karena perubahan nilai tukar.

- Risiko Politik dan Ekonomi.
Kondisi ekonomi dan politik juga dapat mempengaruhi kinerja efek pasar modal yang tentunya juga akan mempengaruhi kinerja dari Reksa Dana.

- Risiko Perubahan Peraturan dan Perpajakan.
Setiap perubahan peraturan regulator/pemerintah yang memiliki dampak terhadap Reksa Dana juga akan mempengaruhi kinerja dari sebuah Reksa Dana.

- Risiko Pembubaran dan Likuidasi.
Reksa Dana juga dapat dibubarkan dan dilikuidasi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Salah satu kelebihan dari Reksa Dana yaitu dikelola oleh Manajer Investasi yang kompeten dibidangnya. Dengan kemampuan analisa fundamental dan teknikal, risiko-risiko yang dapat muncul diatas dijadikan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan strategi investasi Reksa Dana. Dengan kata lain, risiko akan lebih terukur sehingga potensi imbal hasil Reksa Dana akan lebih optimal.

Untuk lebih memahami risiko yang dapat muncul dari sebuah produk Reksa Dana, investor diwajibkan untuk membaca dan memahami prospektus dari Reksa Dana yang akan menjadi pilihan investasinya.

Untuk informasi mengenai produk, program dan layanan investasi Reksa Dana silahkan lihat disini. Untuk registrasi pembukaan rekening Reksa Dana dapat dilakukan disini. Atau untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami disini.

DISCLAIMER :
INVESTASI MELALUI REKSA DANA MENGANDUNG RISIKO. CALON PEMODAL WAJIB MEMBACA DAN MEMAHAMI PROSPEKTUS SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK BERINVESTASI MELALUI REKSA DANA. KINERJA MASA LALU TIDAK MENCERMINKAN MASA DATANG.

Simulasi
Investasi
DISCLAIMER COPYRIGHT 2012 Danareksa All Rights RESERVED | DISCLAIMER